News  

Stok Vaksin Aman Sampai Tahun Depan

Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap pastikan stok vaksin aman sampai dengan tahun depan. Tambahan stok sebagian akan dipakai untuk vaksinasi anak SD. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap menjamin stok vaksin aman sampai dengan awal tahun depan. Stok tersebut untuk mendukung target pencapaian vaksinasi terutama dosis 2 yang masih harus mendapatkan perhatian.

Sampai saat ini, capaian vaksinasi dosis 2 di Kabupaten Cilacap masih di bawah 60 persen. Sementara target minimal di akhir 2021 harus mencapai 60 persen.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Kuswantoro memastikan stok vaksin aman sampai tahun depan.

“Stok vaksin aman dan mencukupi,” kata dia.

Menurutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap baru-baru ini sudah mengambil stok tambahan ke pemerintah provinsi. Stok ini sebagian sudah dipakai untuk percepapatan vaksinasi di sana.

Sementara sasaran warga adalah mereka yang sudah masuk kategori cukup umur untuk bisa vaksin. Mulai dari usia 6 sampai 11 tahun, dewasa dan lansia. Sementara vaksinasi bagi remaja sudah selesai dengan sasaran tervaksin mencapai 88,8 persen.

“Kemarin kita baru ambil stok vaksin hingga sangat cukup,” ujar dia.

Dengan stok ini pula, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap sudah menjadwalkan pemberian vaksin bagi anak usia 6 sampai 11 tahun. Vaksin jenis Sinovac tersebut untuk dosis 2.

“Januari nanti ada lagi vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun,” kata dia.

Capaian vaksinasi di Kabupaten Cilacap sudah sangat bagus dan mencapai 80,85 persen untuk dosis pertama. Sementara dosis 2 baru mencapai 50,77 persen dan harus terus bisa tembus sampai 60 persen.

Vaksinasi bagi anak yang rata-rata masih duduk di SD tersebut sempat tertunda karena stok yang menipis hingga mengakibatkan jadwal vaksinasi tertunda. Penundaan terjadi di sejumlah sekolah yang seharusnya melaksanakan vaksinasi pada Selasa (21/12/2021).

Sejak pertama kali dilaunching, vaksinasi anak menyasar 160 ribu anak usia 6 hingga 11 tahun. Kegiatan ini mulai pada Jumat (17/12/2021) di SD dan MI se Kabupaten Cilacap. (*)