Sudah Divaksin, Nakes RSUD Cilacap Tetap Kena

  • Bagikan
Proses pemindahan nakes RSUD Cilacap ke RS Priscilla. Nakes sebelumnya sudah diberi vaksin dosis lengkap namun masih tetap terjangkit. Mereka merawat ABK Filipin yang terpapar virus varian India. (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – Meski sudah divaksin untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap Covid19, tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Cilacap masih tetap terpapar. Mereka terpapar Covid19 setelah menanggani Anak Buah Kapal (ABK) Filipina yang dipastikan terjangkit varian baru B 1617.2 atau virus India.

Seperti diketahui, nakes menjadi yang pertama mendapatkan vaksin karena dianggap menjadi kelompok paling rentan terpapar Covid19 karena harus berhadapan dengan beragam pasien.

“Sudah divaksin semua, tapi ya tetap kena,” ujar Direktur RSUD Cilacap, dr Moch Ilyas Riyanto.

Kepada bercahayanews.com, dokter yang karib disapa Rian ini menjelaskan, vaksin ini pada dasarnya untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Dengan vaksin ini juga, tubuh bisa membentuk antibody dan dipakai melawan virus yang mulai merebak pada awal 2020 lalu.

Seperti diketahui, efektivitas vaksin Sinovac menurut BPOM RI adalah 65,3 %. Belakangan Kemenkes RI melansir efektivitas vaksin ini tembus 90 %, berdasarkan data yang terkumpul dari seluruh warga yang sudah diberi vaksin sejak awal tahun.

Data ini menunjukkan masih ada kemungkinan warga tetap terjangkit meski sudah divaksin.

“Yang sudah divaksin saja masih bisa kena, apalagi yang belum,” kata Rian.

Dia mengatakan, dengan vaksin ini mampu menekan kemungkinan tertular Covid19. Dan kalaupun terpapar, maka hanya menimbulkan gejala ringan atau bahkan tanpa gejala sama sekali. Seperti yang terjadi pada nakes RSUD Cilacap.

“Kalaupun kena hanya gejala ringan atau bahkan tanpa gejala,” kata dia.

Saat ini masih ada 19 nakes yang menjalani isolasi dan perawatan. Mereka terpisah di RSUD Cilacap dan RS Priscilla. Nakes yang dibawa ke RS Priscilla ada 8 orang dan tengah menjalani isolasi terpusat dan tanpa gejala. Sisanya, sebanyak 11 nakes harus menjalani perawatan di RSUD Cilacap karena menunjukkan gejala ringan.

“Sekarang tinggal 19 nakes,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, nakes di RSUD Cilacap terpapar Covid19 setelah merawat 14 Anak Buah Kapal (ABK) Filipina. Seluruh ABK ini menjalani perawatan dan menyisakan 6 orang dan satu diantaranya sudah meninggal dunia. (*)

  • Bagikan