News  

Suhu Panas Mau Sampai Kapan? Ini Kata BMKG

ilustrasi

CILACAP – Saat ini suhu panas masih terus melanda wilayah tanah air. Informasi dari BMKG menyebutkan, suhu tertinggi sempat mencapai 35 C hingga 38 C pada September 2023. Tepatnya antara 22 hingga 29 September 2023.

BMKG menyebut, suhu maksimal tercatat Kantor Stasiun Klimatologi Semarang – Jawa Tengah pada tanggal 25 dan 29 September 2023. Demikian juga dengan Stasiun Meteorologi Kertajati, Majalengka – Jawa Barat pada tanggal 28 September 2023. Sementara itu suhu maksimum terukur di wilayah Jabodetabek berada pada kisaran 35.0 – 37.5 °C. Suhu maksimum hingga 37.5 °C terukur di wilayah Tangerang Selatan pada tanggal 29 September 2023.

Lalu suhu panas ini terjadi sampai kapan? Masih menurut BMKG, suhu panas seperti ini akan terjadi sepanjang Oktober 2023. Ini mengingat kondisi cuaca cerah masih cukup mendominasi pada siang hari. Cuaca cerah seperti dan tanpa ada awan, membuat terpaan sinar matahari tanpa ada penghalang.

Melansir situs bmkg.go.di menyebut, suhu panas ini mulai terjadi sejak musim kemarau. Kondisi fenomena panas terik ini berlangsung selama Oktober ini.

“Kondisi fenomena panas terik ini diprediksikan masih dapat berlangsung dalam periode oktober ini, mengingat kondisi cuaca cerah masih cukup mendominasi pada siang hari,” seperti yang tertulis di situs bmkg.go.id

Masih dari situs BMKG juga menyebutkan, dari hasil analisa menyebutkan, kejadian suhu udara panas kali ini memang terpengaruh oleh faktor klimatologis. Yakni adanya dinamika atmosfer skala regional dan skala meso yang menyebabkan udara terkesan menjadi “lebih sumuk” dan kemudian menimbulkan pertanyaan bahkan keresahan (selain kegerahan) publik.

“Namun, BMKG sekali lagi juga meyakinkan bahwa kondisi ini bukanlah termasuk kondisi ekstrim yang membahayakan seperti gelombang panas “heatwave”, meskipun masyarakat tetap dihimbau untuk menghindari kondisi dehidrasi dan tetap menjaga kesehatan,” tulis bmkg. (*)