Tanah Bergerak Rusak 5 Rumah Warga

  • Bagikan
Petugas BPBD Cilacap memeriksa rumah warga rusak di Desa Dayeuhluhur Kecamatan Dayeuhluhur. Ada 5 rumah warga rusak akibat pergerakan tanah pada Rabu (4/11/2021). (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Tanah bergerak di Dusun Cilulu Desa Dayeuhluhur Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap merusak 5 rumah warga. Rumah rusak semuanya berada di RT 3 RW 12. Salah satu rumah sudah kosong karena warga mengungsi ke kerabat terdekat.

Tanah bergerak ini terjadi pada Rabu (3/11/2021) sore, sekitar pukul 17.00 bersamaan dengan hujan deras. Warga sempat merasakan gempa kecil dan juga suara kayu patah. Akibatnya 5 rumah warga rusak berat dan sudah kosong tanpa penghuni. Selain itu ada 8 rumah rusak sedang dan 4 lainnya rusak ringan.

“Terasa ada getaran. Mereka lalu pada keluar karena dengar bangunan berderit,” ujar Ketua RW 12, Wiwin Winarni, Jumat (5/11/2021).

Dia mengatakan, warga lalu berhamburan keluar rumah saat ada suara menderit. Suara ini dan getaran ini sudah terasa sejak Rabu sore. Dan puncaknya adalah sekitar pukul 17.00 setelah ada rumah warga ambruk. Menyusul kemudian rumah terdekat yang mengalami tembok samping ambruk.

“Warga pada takut. Sakit takutnya, mereka tinggalkan semua barang. Bawa baju yang melekat,” kata dia.

Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taufik Nurhidayat meminta agar warga lebih berhati-hati selama November ini yang menjadi puncak penghujan karena pengaruh La Nina.

“La Nina ini kan puncak curah hujan pada November. Jadi warga, pemerintah tidak bisa berdiri sendiri, warga tahu dan menjaga diri sendiri,” kata dia.

Dia berharap kedepan agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap melakukan kajian menyeluruh. Tujuannya untuk bisa memitigasi sampai dengan memetakan wilayah bencana. Termasuk melakukan upaya pencegahan dini agar menghindari bencana serupa di masa mendatang.

“Kemudian BPBD nanti kedepan lakukan kajian supaya di Kabupaten Cilacap bisa lakukan mitigasi bencana,” tegasnya.

Kemarin, Taufik bersama ketua dan anggota Komisi D DPRD Kabupaten Cilacap mendatangi langsung lokasi tanah bergerak. Rombongan sempat berbicara dengan para pengungsi di balai Dusun Cilulu.

Dalam kunjungan bersama Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Cilacap, ada penyerahan bantuan secara simbolis bagi warga terdampak. (*)

  • Bagikan