News  

Ular Sanca 3 Meter di Kandang Ayam Bikin Panik Warga

Petugas Pemadam Kebakaran Cilacap amankan ular sanca yang ada di kandang ayam, Kamis (14/3/2024). Ular sanca ini baru saja makan 1 ekor ayam. (doc)

CILACAP – Seekor ular sanca luwuk sepanjang 3 meter, bikin panik warga Cilacap, Kamis (14/3/2024) pagi. Bagaimana tidak panik, ular sanca ini masuk ke pekarangan rumah. Tepatnya ke dalam kandang ayam yang berada di halaman belakang rumah Budi Setiyono (45), warga Jalan Penyu Barat Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan.

Ular ini pertama kali terlihat oleh tetangga dan segera mengabarkan temuan ini kepada Budi Setiyono. Kebetulan saat itu Budi tengah berada di puskesmas. Mendapati kabar ini, dia bergegas untuk pulang.

Budi sontak panik saat tiba di rumah dan mendapati ada seekor ular sanca di dalam kandang ayam. Ular ini memiliki panjang 3 meter dan memuat panik keluarga tersebut.

Tidak ingin berlama-lama, Budi segera menghubungi petugas Pemadam Kebakaran di Pos Damkar Cilacap. Harapannya, tentu petugas bisa mengambil dan memindahkan ular sanca dari dalam kandang ayam.

Mendapat laporan ini, 4 petugas dari Pos Pemadam Cilacap bergegas menuju lokasi. Mereka membawa peralatan lengkap untuk menangkap ular tersebut.

Pertama tiba, petugas langsung berupaya mengeluarkan ular dari dalam kandang meski ada perlawanan dari ular sanca tersebut. Namun setelah beberapa kali, upaya petugas membuahkan hasil. Ular ini langsung dimasukan ke dalam kotak.

Riadi SSos, salah satu petugas Pos Damkar mengatakan, ular ini baru saja memakan 1 ekor ayam.

“Untuk posisi ular sanca ini, berada di kandang ayam dan telah memakan 1 ekor ayam,” kata dia.

Pasca berhasil mengevakuasi ular sanca tersebut, petugas langsung membawa ular tersebut ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam Cilacap.

Ular sanca merupakan jenis tidak berbisa. Namun tetap saja berbahaya karena mampu mengakibatkan luka fatal pada korbannya. Ular ini menggunakan cara melilit tubuh korban sampai lemas dan tidak berdaya. (*)