News  

Vaksin Jadi Syarat Ambil Bansos

Camat berserta Kapolsek Majenang memantau vaksinasi bagi warga, Rabu (13/4/2022). Vaksin menjadi syarat warga untuk ambil bansos. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Kartu vaksin sebagai bukti warga sudah melakukan vaksinasi, menjadi syarat untuk ambil bansos dari pemerintah pusat maupun desa. Langkah ini diambil untuk mengejar capaian vaksinasi di Kabupaten Cilacap secara menyeluruh. Terutama untuk capaian vaksin booster yang belum mencapai 30 persen.

Masyarakat kurang mampu setidaknya mendapatkan bantuan sosial atau bansos dari pemerintah pusat sejak Januari 2022. Mereka menerima uang tunai dan wajib untuk belanja kebutuhan dasar berupa bahan makanan.

Selain itu, mereka juga menerima Bantuan Tunai Langsung (BLT) yang bersumber dari Dana Desa. Pemerintah desa secara tegas mewajibkan vaksin jadi syarat ambil bansos.

Camat Majenang, Cilacap, Iskandar Zulkarnain mengatakan, syarat ambil bansos adalah menunjukkan kartu vaksin sebagai bukti warga sudah melakukan vaksinasi.

“Vaksin jadi syarat untuk ambil bansos,” kata Iskandar, Rabu (13/4/2022).

Dia mencontohkan, capaian vaksin booster di Kecamatan Majenang, Cilacap baru mencapai sekitar 7 ribu warga. Sementara targetnya mencapai 30-an ribu warga. Hingga capaian yang ada sekarang masih sangat jauh dari target yang sudah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

“Kita baru 7 ribuan dari target 30 ribu,” katanya.

Hingga dalam berbagia kesempatan, tenaga kesehatan bergerilya untuk menggelar vaksinasi bagi warga. Termasuk mendatangi masjid dan menggelar pelayanan usai sholat taraweh.

Demikian juga saat pemerintah desa menyalurkan BLT DD. Masyarakat yang belum vaksin lengkap wajib untuk ikut vaksin. Sementara yang sudah lengkap bisa segera mencairkan bantuan.

Kapolsek Majenang, AKP Erna Trihastuti menambahkan, pihaknya bersama tenaga kesehatan menggelar layanan di sejumlah lokasi yang dekat dengan masyarakat. Vaksinasi keliling ini juga menjangkau daerah terpencil. Termasuk menggelar vaksinasi pada malam hari dan akan terus berlangsung sampai dengan H-2 lebaran nanti.

“Vaksinasi malam hari sampai H-2,” tegasnya. (*)