News  

Viral. Penumpang KA Belum Booster di-“KO” Petugas

Penumpang KA Purwojaya, viral di medsos karena enggan turun meski belum vaksin booster. Dia akhirnya mau turun setelah dirayu petugas. (doc)

PURWOKERTO – Sebuah video viral dan beredar luas di dunia maya terkait penumpang KA yang enggan turun meski belum booster. Meski pada akhirnya di “KO” oleh petugas. Kejadian ini terekam penumpang lainnya hingga muncul di TikTok milik @soulendire.

Dalam video viral ini, seorang perempuan penumpang KA enggan untuk turun meski belum menjalani vaksin booster. Dia harus berhadapan dengan 2 petugas. 1 petugas laki-laki menggenakan rompi dan 1 petugas perempuan berjilbab.

Penumpang ini sejak awal video mengaku keberatan jika harus turun dan menunda perjalanan. Pasalnya dia sudah memegang tiket dan ditunggu suami di stasiun tujuan.

“Saya juga punya kepentingan. Saya ditunggu suami,” kata perempuan ini.

Petugas lalu kembali memintanya agar mematuhi aturan terkait kewajiban penumpang KA untuk vaksin booster. Karena jika dia tetap tidak mau turun, akan membuat delay atau tertunda keberangkatannya. Namun dia tetap bersikukuh tidak mau turun dari kereta tersebut.

Hingga kemudian datang 1 petugas laki-laki yang seragamnya sama dengan petugas perempuan berjilbab. Dia dengan sabar, setengah membungkuk sembari memintanya untuk turun. Hingga akhirnya penumpang KA ini “KO” dan mau turun.

Belakangan diketahui, video viral tentang penumpang ini berada di KA Jarak Jauh, Purwojaya relasi Cilacap – Gambir. Peristiwa ini terjadi pada Jumat (29/7/2022).

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi memastikan penumpang tersebut baru melakukan vaksin 2 kali.

“Kami tentu saja menyayangkan kejadian ini,” kata dia.

Ayep lalu berharap agar masyarakat penumpang KA untuk mematuhi syarat melakukan perjalanan jarak jauh dan lokal. Ini berdasarkan SE Kemenhub No 72 Tahun 2022 yang berlaku mulai 17 Juli 2022. Salah satunya adalah calon penumpan harus sudah vaksin booster. (*)