News  

Warga Cilacap Gelar Sholat Istisqa untuk Minta Hujan

Suasana sholat istisqa di lapangan depan Kantor Camat Gandrungmangu, Cilacap, Sabtu (4/11/2023). Ratusan warga Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap gelar sholat istisqa untuk meminta hujan akibat kemarau panjang. (doc/gandrung24jam)

CILACAP – Ratusan warga di Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap menggelar sholat istisqa di lapangan depan kantor Camat, Sabtu (4/11/2023) pagi. Sholat berjamaah di tengah lapangan ini menjadi cara warga muslim di Cilacap untui meminta hujan.

Kemarau di Cilacap sudah berlangsung cukup lama dan berbulan-bulan hingga menimbulkan kekeringan. Tercatat kekeringan sudah melanda 53 desa dan tersebar di 17 kecamatan. Sementara jumlah keluarga yang mengalami kesulitan air bersih mencapai 14.149 keluarga atau 42.335 jiwa.

Dan sampai dengan November 2023, kekeringan masih belum ada tanda akan berakhir. Tiap hari warga masih merasakan cuaca panas terik. Kalaupun ada hujan, masih sangat bersifat lokal dan berhenti dalam hitungan menit.

Hingga warga di Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap memutuskan untuk menggelar sholat istisqa di lapangan depan kantor Camat. Ribuan warga nampak memadati lapangan untuk menggelar sholat dan berlanjut dengan doa bersama untuk meminta hujan.

Gelaran sholat istisqa ini melibatkan para pejabat lokal mulai dari Forkompinca, organisasi islam seperti NU dan Muhammadiyah, warga umum dan anak sekolah.

Kegiatan ini kemudian tayang di akun instagram @gandrung24jam. Akun ini membagikan video dan beberaap foto dari sholat istigho di Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap. Unggahan ini sudah mendapatkan 1.138 like dari netizen. Admin akun ini memberikan keterangan foto dan menggambarkan suasana sholat istisqa di sana.

“Selain berharap untuk diturunkannya hujan, juga jadi momen persatuan masyarakat. Diikuti oleh berbagai kalangan, dari jamaah NU, jamaah Muhammadiyah, sampai dengan kalangan pelajar,” tulis admin.

Di kolom komentar, netizen ikut mendoakan agar hujan bisa segera turun di Cilacap.

“Semoga doa nya, sholat nya minta hujan segera dikabulkan oleh Allah SWT aamin,” tulis akun ahmad_27_juli di kolom komentar. (*)