News  

Warga Evakuasi Korban Tertimbun Longsor dan Sudah Meninggal

Warga berhasil evakuasi korban dari reruntuhan rumah yang tertimbun longsor, Selasa (6/2/2024), sekitar pukul 09.00. Korban ditemukan sudah meninggal dunia. (doc)

CILACAP – Warga berhasil evakuasi korban yang tertimbun tanah longsor di dalam rumahnya, Selasa (6/2/2024) pagi sekitar pukul 09.00. Korban bernama Casih (43), warga Dusun Garawangi Desa Cijati Kecamatan Cimanggu, Cilacap. Dia sempat terjebak di dalam rumah yang tertimbun longsor.

Proses evakuasi melibatkan warga untuk mencari dan menemukan korban yang tertimbun tanah longsor. Mereka menggunakan alat seadanya. Para warga bersama Tim SAR gabungan, perangkat desa dan unsur terkait lainnya menggali reruntuhan rumah korban.

Sekitar pukul 09.00, warga melihat ada bagian tubuh korban yang tertimbun bangunan rumah. Setelah itu, warga langsung mengangkat jenasah korban untuk proses pemakaman.

Kepala Desa Cijati, Eko Rusdianto mengatakan, warga sudah berhasil evakuasi korban tertimbun longsor.

“Korbang sudah ditemukan oleh warga dan aparat lainnya tadi sekitar jam 9 pagi dalam kondisi sudah meninggal dunia,” kata dia.

Dia menambahkan, longsor terjadi pada Senin sore sekitar pukul 17.00 dan mengakibatkan 1 rumah tertimpa longsor yakni Casih. Sementara suami dan anaknya selamat dari kejadian tersebut.

Semula warga menduga ada 2 orang yang tertimbun di dalam rumah. Lalu mereka mendapati kalau anak korban sudah berhasil mengungsi ke rumah tetangga terdekat.

“Korban hanya 1 orang. Kalau anak dan suami selamat,” katanya.

Rasto, salah satu kerabat korban mengatakan, warga langsung mengurus jenasah korban untuk proses pemakaman lebih lanjut. Mereka terlebih dahulu membawa jenasah ke rumah kerabat terdekat untuk pemulasaran.

“Tadi langsung dibawa ke rumah keluarga,” kata dia.

Seorang warga terjebak di dalam rumah yang tertimbun tanah longsor, Senin (5/2/2024) sore. Sampai berita ini tayang, belum ada kejelasan nasib dan nama warga tersebut. Sementara lokasi warga terjebak longsor ada di Dusun Grawangi Desa Cijati Kecamatan Cimanggu, Cilacap.

Tim SAR gabungan sempat mengalami kendala untuk bisa sampai ke lokasi karena jalan tertutup oleh pohon tumbang. Mereka bekerja sejak Senin malam dan diteruskan Selasa pagi. (*)