News  

4 Guru di Cilacap Terpapar Covid19

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, Sadmoko Danardono menjelaskan ada 4 guru SMP terpapar Covid19 dan masih dalam proses perawatan. 1 orang terpaksa dirawat di RSUD Cilacap. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – 4 guru di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Cilacap, terpapar Covid19. Mereka langsung mendapatkan pemeriksaan awal dari petugas medis. Salah satu dari mereka kini masih dalam perawatan di RSUD Cilacap.

Sementara sisanya menjalani isolasi mandiri dengan tetap mendapatkan pengawasan dan pemantauan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap. Isolasi mandiri dan perawatan bagi 4 guru tersebut sudah berlangsung sekitar 1 minggu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Sadmoko Danardono mengatakan, 4 guru itu sama-sama mengajar di satu SMP negeri. Merka menjadi satu-satunya kasus yang menimpa para pendidik. Ke 4 guru di Cilacap itu terpapar Covid19 namun tidak mengeluhkan gejala sama sekali.

“Kemarin baru ada 2 kejadian dan sudah tertangani,” ujar Sadmoko.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap langsung mengambil langkah tegas. Untuk sementara Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah negeri itu berhenti. Hingga siswa dan guru melakukan pembelajaran secara online.

“PTM berhenti. Guru dan siswa melakukan pembelajaran secara daring,” kata dia.

Pembelajaran secara daring ini juga berlangsung saat murid menjalani Penilaian Akhir Semester (PAS). Wali murid dan orang tua mengambil lembar soal ke sekolah untuk dikerjakan siswa dari rumah masing-masing. Proses pengiriman jawaban juga menggunakan sistim online.

“Orang tua yang datang ke sekolah untuk ambil soal,” kata dia.

Saat ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masih menunggu perkembangan kondisi kesehatan 4 guru tersebut. Jika kondisi para guru tersebut sudah pulih dan tidak ada kasus baru, pihaknya akan membuka kembali PTM di sana.

“Kita tunggu 2 minggu. Kalau aman, tidak ada yang sakit lagi, PTM kita buka lagi,” tegasnya. (*)