Bupati Cilacap Minta Tambahan Vaksin

  • Bagikan
Bupati Cilacap mengirimkan surat ke Gubernur Jawa Tengah berisi permintaan tambahan kuota vaksin. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Bupati Cilacap secara resmi minta tambahan kuota vaksin kepada Gubernur Jawa Tengah. Permintaan ini tertuang dalam surat resmi. Penambahan kuota vaksin untuk mendukuung percepatan penanggan Covid19 di Kabupaten Cilacap.

Target vaksinasi warga Cilacap mencapai 1,5 juta atau hampir setara 3/4 jumlah penduduk setempat. Sementara jumlah penduduk Cilacap mencapai hampir 2 juta jiwa. Hal ini membuat Cilacap masuk 5 besar kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar di Provinsi Jawa Tengah.

Dalam beberapa kesempatan, pejabat teras di Kabupaten Cilacap mengungkapkan ketergantungan terhadap pasokan vaksin. Namun ada harapan saat muncul isu “hujan vaksin” pada September-Oktober 2021.

Saat ini kuota vaksin untuk Kabupaten Cilacap belum bisa memenuhi permintaan masyarakat. Karena itu Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengirimkan surat permintaan ke Semarang, Sabtu (25/9/2021).

“Dan hari ini (Sabtu) saya sudah berkirim surat ke Pak Gubernur untuk meminta tambahan vaksin,” ujar Tatto saat meninjau vaksinasi massal bagi 1000 warga di Desa Padangjaya Kecamatan Majenang, Cilacap.

Dia beralasan, tambahan vaksin ini sangat untuk mendukung kemampuan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Cilacap. Mereka sudah mampu memvaksin 12 ribu warga per hari. Sementara kuota vaksin yang ada sekarang masih jauh dari kebutuhan.

“Saya minta tambahan. Kan kita bisa 12 ribu sehari. Sekarang 12 ribu, ya 12 ribu besok kirim lagi,” terangnya.

Dia mengatakan, vaksinasi menjadi senjata utama setelah warga dan seluruh pihak menerapkan 5 M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Karena itulah, vaksinasi menjadi keharusan bagi masyarakat. Bila perlu, seluruh warga mendapatkan vaksin dengan dosis lengkap yakni 2 kali.

“Kalau perlu seluruh masyarakat Cilacap divaksin,” tegasnya. (*)

  • Bagikan