Cakupan Vaksinasi Dukung Pilkades Serentak

  • Bagikan
Cakupan vaksinasi yang tinggi akan bisa mencegah penyebaran Covid19 saat pilkades serentak di Kabupaten Cilacap. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Cakupan vaksinasi bisa memberikan dukungan positif terhadap pilkades serentak pada Maret 2022. Karena dalam ajang demokrasi ini akan muncul kerumunan meski terbatas.

Sesuai dengan Aturan Menteri Dalam Negeri terbaru tentang pilkades serentak, ada kemiripan dengan pemilihan umum berupa TPS. Nantinya tiap TPS hanya boleh berisi 500 warga atau hak pilih.

Apalagi jika desa yang jumlah hak pilihnya mencapai 8 ribu atau bahkan 10. Dengan demikian, akan ada 8 sampai 10 ribu warga keluar rumah untuk menyalurkan hak pilih pada 28 Maret 2022.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Cilacap, Sriyani mengatakan, 500 hak pilih tetap merupakan kerumunan dan harus ada antisipasi. Hingga dia meminta agar pemerintah desa terus mendorong warga untuk ikut vaksin. Dengan demikian bisa menekan kemungkinan terjadinya penyebaran Covid19 saat warga berkumpul di TPS nanti.

“Pak kades, saya minta tolong agar warganya diajak untuk vaksin,” katanya, Jumat (12/11/2021).

Saat ini, cakupan vaksinasi di Kabupaten Cilacap baru mencapai 50 persen. Dengan demikian, masih ada separoh lebih warga Cilacap yang belum tervaksin. Hingga penyebaran Covid19 saat pilkades masih bisa terjadi.

“Kan belum semua warga tervaksin,” kata dia.

Kasi Pembinaan Kelembagaan dan Aparatur Pemerintah Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cilacap, Dhian Budi Listianto, pilkades serentak akan mirip pemilu. Terutama dalam hal Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang hanya terisi 500 pemilih.

“Artinya, TPS bisa di tiap RW atau dusun. Kalau dulu kan satu tempat, bisa balai desa atau lapangan,” katanya.

Pilkades serentak akan melibatkan 44 desa di Kabupaten Cilacap dan tersebar di sejumlah kecamatan. Di Kecamatan Majenang akan ada 8 desa yang menggelar pesta demokrasi. Ini menjadi jumlah terbanyak dalam 1 kecamatan.

“Paling banyak di Majenang,” tegasnya. (*)

  • Bagikan