News  

Gudang Hotel Homira Terbakar

Petugas saat menangani kebakaran di gudang Hotel Homira, Sabtu (30/12/2023) malam. Kebakaran terjadi karena arus pendek. (doc)

CILACAP – Gudang tempat penyimpanan perlengakapan kamar milik Hotel Homira di Kecamatan Majenang, Cilacap, terbakar dan menghanguskan apapun yang ada di dalam. Kebakaran ini terjadi saat mayoritas tamu hotel tengah beristirahat pada Sabtu (30/12/2023) malam.

Bangunan gudang selalu menjadi tempat menyimpan barang. Baik barang yang masih terpakai dan menjadi stok terutama bagi pelaku usaha. Atau menjadi tempat menyimpan barang tidak terpakai.

Dan hotel, juga memiliki gudang untuk menyimpan berbagai barang. Termasuk barang-barang perlengkapan kamar hotel seperti kain sprei, kasur cadangan dan lainnya. Dan barang-barang ini mudah sekali terbakar karena bisa dipastikan kain sprei dan kasur cadangan dalam keadaan bersih dan kering.

Kebakaran di gudang Hotel Homira yang ada di tepi Jalan Matahari Kecamatan Majenang, Cilacap terjadi setelah karyawan melihat kepulan asap. Asap ini keluar dari gudang. Dan karyawan tersebut lalu memanggil teman kerjanya dan bergegas menuju ke gudang.
Kedua karyawan ini membuka pintu gudang dan melihat ada api sudah berkobar dan membakar isi gudang.

Mereka lalu mencari APAR dari lokasi terdekat dan disemprotkan ke titik api. Sayang, upaya karyawan tidak membuahkan hasil dan api terus berkobar di dalam gudang Hotel Homira. Hingga akhirnya karyawan menghubungi Pos Pemadam Kebakaran Majenang guna meminta pertolongan.

Mendapati laporan ini, petugas bergegas menuju lokasi dengan membawa peralatan lengkap dan 1 unit mobil pemadam. Setiba di lokasi, petugas langsung melakukan upaya pemadaman. Mereka harus berjibaku dengan api yang membakar dan ruangan gudang yang berukuran 8 X 3 meter.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Cilacap, Supriyadi memastikan petugas berhasil memadamkan kebakaran di gudang Hotel Homira.

Kuat dugaan api berasal dari arus pendek dan menimbulkan percikan api yang segera membesar karena merembet ke sprei serta kasur yang ada di dalam gudang.

“Penyebab karena arus pendek,” katanya.

Usai memastikan api sudah benar-benar padam, petugas kembali ke Pos terdekat. (*)