News  

Jalur Rel Ganda di Banyumas Bisa Dilintasi

Dirut PT KAI, Didiek Hartantyo meninjau jalur ganda di Banyumas yang tertutup longsor, Selasa (5/12/2023). Dia memastikan, kereta api sudah bisa melintasi jalur ini meski dengan kecepatan terbatas. (doc)

CILACAP – Jalur rel ganda di Banyumas yang tertimpa longsor, kini sudah bisa bisa dilewati. Petugas memastikan kereta harus melintas dengan hati-hati dan pelan meski lokasi mereka sudah memastikan lokasi tersebut aman.

Jalur rel kereta api ganda di Banyumas tertimpa longsor, Senin (4/12/2023). Tepatnya di KM 340+100, atau ada di antara Stasiun Karanggandul dan Karangsari. Penyebabnya karena curah hujan tinggi hingga membuat tebing longsor.

Setelah melakukan sejumlah upaya percepatan perbaikan, kereta api sudah bisa melintas di jalur rel ganda tersebut sejak Selasa (5/12/2023), sekitar pukul 03.41 WIB. Rangkaian kereta api pertama yang berhasil melintas adalah KA Ranggajati. Petugas gabungan juga terus mengupayakan pembukaan akses di jalur hulu.

Setelah itu, seluruh perjalanan kereta api yang melewati titik lokasi harus melalui jalur hilir yang aman bagi meski dengan kecepatan terbatas.

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo meninjau langsung proses pengerukan lumpur yang menutup jalur kereta api. Dia datang bersama para petinggi PT KAI lainnya.

Melalui siaran pers, Didiek memastikan petugas terus beruyapa agar jalur rel ganda yang tertimpa longsor bisa segera bersih dari lumpur.

“KAI terus berkomitmen melakukan upaya agar proses normalisasi jalur hulu segera teratasi sehingga kedua jalur kembali dapat beroperasi melayani pelanggan,” kata dia.

“Pukul 19.00, (5/12/2023) jalur hulu sudah rampung dan dapat kereta api bisa melintas meski dengan kecepatan terbatas. Apresiasi setinggi-setingginya kami sampaikan kepada seluruh petugas lapangan dan seluruh pihak yang telah terlibat dalam proses normalisasi jalur ini,” tegasnya. (*)