News  

Konslet Lalu Bakar Rumah

Petugas Damkar Cilacap saat menanggani kebakaran di rumah Budianto, warga Desa Bantar Panjang Kecamatan Cimanggu, Cilacap, Senin (23/5/2022) malam. Kebakaran terjadi karena arus pendek yang menimbulkan percikan api hingga membakar kamar di lantai 2 rumah tersebut. (doc)

CILACAP – Konslet atau arus pendek lalu bakar rumah warga terjadi kembali. Kali ini rumah terbakar tersebut milik Budianto di Dusun Tameng RT 05 RW 08 Desa Bantar Panjang Kecamatan Cimanggu, Cilacap, Senin (23/5/2022) malam.

Arus pendek biasanya terjadi karena kerusakan pada instalasi kelistrikan di dalam rumah warga. Penyebabnya karena kabel yang terkelupas, atau karena meningkatnya tegangan listrik secara tiba-tiba.

Api di rumah Budianto berawal dari konslet hingga bakar lantai 2. Percikan api pertama kali terlihat sudah besar.

Saat kejadian, korban tengah berada di ruang tamu. Sekitar pukul 23.00, dia mendengar ada suara keras dari lantai 2 rumahnya itu. Dia bergegas mendatangi sumber suara karena cukup keras dan mirip ledakan.

Setibanya di lantai 2, korban kembali mendengar suara gemuruh seperti api berkobar. Ternyata api sudah membakar kamar di lantai 2 tersebut. Tanpa pikir panjang, korban membuka pintu kamar itu dan mendapati kobaran api sangat hebat dan membakar seluruh bagian kamar itu.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap, Supriyadi mengatakan, korban langsung meminta pertolongan kepada tetangga.

“Korban minta tolong sambil berteriak,” katanya.

Teriakan korban membuat warga langsung berdatangan dan melaporkan kejadian ini kepada perangkat desa dan aparat terkait lainnya. Laporan serupa juga masuk ke Pos Pemadam Kebakaran Majenang yang segera mengirimkan 1 tim pemadam.

Setiba di lokasi, petugas langsung bekerja bersama warga untuk memadamkan api. Dalam waktu 30 menit, api sudah berhasil dikuasai.

“Api padam sekitar pukul 23.30,” katanya.

Hasil pemeriksaan petugas, kuat dugaan api berawal dari konslet yang menimbulkan percikan api lalu bakar rumah Budianto. Hal ini berdasarkan keterangan saksi dan kondisi rumah pasca kebakaran tersebut.

“Penyebab karena arus pendek,” kata dia.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Namun korban mengalami kerugian senilai Rp 20 juta.

“Tidak ada korban jiwa,” tegasnya. (*)