News  

Pasar Kroya Terbakar

Sebuah tangkapan layar video udara tentang kondisi kebakaran di Pasar Kroya. Sampai pukul 20.00 Kamis (23/12/2021), pemadaman masih terus berlangsung dengan melibatkan 9 unit armada pemadam kebakaran. (doc)

CILACAP – Pasar Kroya yang berada di jantung kota kecamatan satelit di Kabupaten Cilacap, terbakar hebat, Kamis (23/12/2021) petang. Kebakaran membuat aktifitas jual beli di sana terhenti total.

Informasi Pasar Kroya terbakar mulai tersebar dalam bentuk video amatir melalui grup WA dan media sosial lainnya. Dalam video ini terlihat, api berkobar di bagian tengah dan belakang pasar tersebut.

Di video lain yang kemungkinan besar menggunakan drone terlihat ada 2 blok yang terbakar. Api nampak terlihat jelas membakar blok tersebut dan asap membumbung tinggi.

Dari kanal youtube parma majenang official, kebakaran terjadi pada sore hari terlihat dari suasana masih terlihat terang. Bagian yang terbakar adalah sisi selatan dan Toko Kato, sebuah pusat perbelanjaan.

“Kato wes kena. Melase ya alloh (toko kato sudah kena. Kasihan ya Alloh),” ujar salah satu warga dalam video berdurasi 2 menit tersebut.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cilacap, Luhur Satrio Muchsin mengatakan, api pertama kali terlihat pukul 17.15 dan membuat Pasar Kroya terbakar.

“Sekitar jam 5 seperempat,” katanya saat dihubungi bercahayanews.com melalui sambungan telepon.

Dia mengatakan, ada 9 armada pemadam kebakaran yang turun ke lokasi. Masing-masing berasal dari Pos Damkar Kroya, UPT Pemadam Kebakaran Cilacap (3) dan bantuan dari dari Damkar Banyumas (3). Pihaknya juga meminta bantuan ke PLTU dan mengirimkan 1 unit mobil pemadam kebakaran. Demikian juga dengan Kabupaten Kebumen yang mengirimkan 1 armada.

“Total ada 9,” katanya.

Sampai pukul 20.00 Kamis malam, pemadaman masih terus dilakukan oleh petugas Damkar gabungan tersebut. Mereka terus menyemprotkan air seluruh bagian Pasar Kroya yang terbakar tersebut.

“Sampai sekarang masih pemadaman,” katanya.

Dia mengatakan, kebakaran ini setidaknya sudah menghanguskan 300-an kios yang ada di Pasar Kroya tersebut. Namun belum ada kepastian tentang penyebab kebakaran tersebut.

“Sekitar 300-an kios yang kena. Kalau penyebab belum kita ketahui karena sekarang masih dalam proses pemadaman,” tegasnya. (*)