News  

Percepat Booster Karena Stok Bertambah

Satgas Covid19 Kabupaten Cilacap percepat vaksinasi booster setelah stok dosis terus bertambah. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Satgas Covid19 Kabupaten percepat pelaksanaan vaksinasi booster usai stok bertambah. Hingga satgas memutuskan mempercepat pemberian booster. Sampai Kamis (3/2) baru mencapai 31.552.

Sasaran pertama vaksinasi booster adalah menyasar kelompok masyarakat lansia, dan sektor resiko tinggi dan pelayan publik pada 24 Januari 2022. Alasannya karena stok vaksin masih terbatas hingga Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap memutuskan untuk lebih memilih mem-push vaksinasi dosis 1 dan 2.

Tetapi dengan stok yang terus bertambah, vaksin dosis 3 ini juga mulai menyasar kelompok masyarakat lainnya. Syaratnya adalah warga yang sudah divaksin dosis 2 dan ada jeda 6 bulan antara dosis 2 dan booster.

Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro menyampaikan, Satgas percepat vaksin booster menekan laju angka Covid-19. Termasuk mengantisipasi penyebaran varian baru yakni Omicron.

“Ini kita kebut supaya capaiannya bisa maksimal,” ujar Kapolres, Jumat (4/2/2022).

Menurutnya, peningkatan kasus Covid19 memang sudah ada prediksi dari pemerintah pusat. Prediksi ini menyebutkan akan ada lonjakan kasus pada periode Februari-Maret 2022.

“Caranya dengan percepat vaksinasi booster. Ini langkah antisipasi yang kita lakukan bersama,” kata dia.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji menghimbau agar masyarakat segera melakukan vaksinasi booster. Dengan vaksinasi lengkap terdiri dari dosis 1,2 dan 3, mampu memberikan perlindungan bagi diri mereka sendiri dan juga lingkungan terdekat.

“Yang belum vaksin harus vaksin,” kata Tatto.

“Kasus yang ada, yang positif itu karena belum vaksin. Untuk itulah kita mengadakan vaksin booster,” tegasnya. (*)