Polda Periksa Staf Pertamina

  • Bagikan
Polda Jateng periksa 13 staf Pertamina Cilacap guna memastikan penyebab kebakaran kilang pada Sabtu (13/11/2021). (doc)

SEMARAN – Polda Jateng periksa staf Pertamina pasca kebakaran yang melanda tanki 36T 102 kilang Pertamina Cilacap pada Sabtu (13/11/2021). Penyidik meminta keterangan terhadap 13 orang internal dan eksternal Pertamina Cilacap.

Langkah Polda Jateng periksa staf Pertamina Cilacap ini guna mendapatkan kepastian tentang peristiwa tersebut. Karena sejak awal, penyidik baru memiliki kesimpulan sementara terkait penyebab kebakaran. Dugaan awal berupa sambaran petir yang menimbulkan kobaran api.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy dalam siaran pers menyebutkan, penyidikan kilang pertamina Cilacap masih berlanjut.

“Ada 13 saksi yang kita periksa baik internal maupun eksternal untuk melengkapi dokumen pendukung,” ujar Iqbal, Rabu (17/11/2021).

Dia mengatakan, salah satu staf yang diperiksa penyidik adalah lead electrical enginiering atau petugas rekayasa kelistrikan.

Dia menambahkan, tim identifikasi masih berada di lokasi kebakaran dan memeriksa sisa fludia akibat kebakaran. Tim ini telah mengambil sample dari fluida tersebut.

“Ini tim gabungan dari Mabes Polri, Polda Jateng serta Polres Cilacap,” kata dia.

Iqbal berharap agar masyarakat tidak terpengaruh oleh berita hoax terkait kebakaran Pertamina. Warga harus menunggu proses penyelidikan berakhir dan tidak mudah mempercayai berita bohong dari media sosial.

“Masyarakat mesti bijak dan bersabar menunggu progress penyidikan hingga tuntas,” kata dia.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional Unit Cilacap, Cecep Supriyatna mengatakan Pertamina secara terbuka mendukung dan menghormati proses penyelidikan oleh aparat berwajib.

“Kami tentu siap membantu aparat yang berwajib dalam proses ini hingga tuntas dengan memberikan keterangan maupun data yang diperlukan. Kami menunggu hasil investigasi,” kata Cecep.

 Kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, terbakar pada Sabtu (13/11/2021) malam. Dugaan sementara, penyebab kebakaran tersebut karena sambaran petir.

Informasi awal beredar luas melalui whattaps berupa video kebakaran. Kobaran api muncul sekitar pukul 19.18 seperti yang terucap warga dalam video yang beredar luas tersebut. (*)

  • Bagikan