PT KAI Daop IV Operasikan Kereta Baru

  • Bagikan
PT KAI Daop IV akan mengoperasikan kereta baru pada 2 Juli 2021, relasi Cilacap-Jogyakarta. (doc)

PURWOKERTO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) IV, akan mengoperasikan kereta baru. Moda transportasi darat ini yakni KA Nusa Tembini relasi Cilacap – Yogyakarta akan mulai beroperasi pada 2 Juli 2021. Tahap awal nanti, kereta ini akan dioperasikan setiap hari Jumat dan Minggu pada tanggal 2, 4, 9, dan 11 Juli 2021.

KA Nusa Tembini memiliki 2 kelas yaitu Eksekutif dengan tarif mulai dari Rp 110.000 dan Ekonomi dengan tarif mulai dari Rp 90.000. Tiket tersebut sudah dapat dibeli melalui KAI Access, web KAI, loket, dan channel eksternal yang ditentukan.

“Peluncuran KA baru ini kami upaya untuk semakin banyak memberi alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api,” kata VP Daop 5 Purwokerto Joko Widagdo.

Rangkaian KA Nusa Tembini terdiri dari 4 kereta Eksekutif dan 3 kereta Ekonomi dengan total 392 tempat duduk. Namun kapasitas hanya 70 persen dari total seiring masa pandemi dan dilandasi oleh SE Kemenhub No 14 tahun 2020.

“Sehingga kapasitas di masa pandemi KA Nusa Tembini 275 tempat duduk,” kata Joko.

Setiap pelanggan yang akan menggunakan KA Nusa Tembini juga harus menunjukkan surat bebas Covid-19 yang masih berlaku. Untuk membantu melengkapi syarat itu, PT KAI menyediakan layanan Rapid Test Antigen seharga Rp 85.000 di 3 stasiun wilayah Daop 5 yaitu di Stasiun Purwokerto, Kroya dan Kutoarjo. Juga ada layanan pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp 30.000 di 6 stasiun yaitu di Stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo dan Sidareja.

“Kami berkomitmen untuk mengoperasikan kereta api sesuai protokol kesehatan yang ketat aga menjadikan moda transportasi yang sehat, selamat, nyaman dan aman sampai di stasiun tujuan,” tegasnya. (*)

  • Bagikan