PVMBG ke Cilacap. Ini Kata BPBD

  • Bagikan
Tim PVMBG bersama relawan, perangkat desa dan BPBD Cilacap mengelilingi lokasi tanah bergerak, Rabu (16/6/2021). (doc)

CILACAP – Tim dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Bandung, sejak Rabu (16/6/2021) berada di Cilacap. Sejak pagi, tim sudah berada di lokasi tanah bergerak yang ada di Desa Karanggintung Kecamatan Gandrungmangu.

Mereka memeriksa lokasi pergerakan tanah. Baik yang ada di perkampungan warga, sawah maupun lahan penduduk. Lokasi berada di Dusun Pagergunung Desa Karanggintung.

Tim ini didampingi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, sejumlah anggota relawan kebencanaan, perangkat desa dan pihak terkait lainnya. Seluruh lokasi pergerakan tanah tidak lepas dari pemeriksaan anggota tim PVMBG.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy memastikan, tim ini sudah berada di lokasi sejak Rabu. Mereka melalukan survey seperti yang diajukan oleh BPBD Cilacap melalui surat resmi yang dilayangkan pasca ada kejadian tanah bergerak, 19 Mei lalu.

“Hari ini (Rabu) sudah dilokasi,” katanya.

Dia mengatakan, sejak Rabu pagi tim sudah bekerja dan memeriksa seluruh penjuru Dusun Pagergunung. Sampai menjelang sore, tim masih berada di sana dan masih terus melakukan berbagai langkah pemeriksaan.

“Belum selesai. Tim dari pagi sudah di lokasi,” ujarnya Rabu sore.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dusun Pagergunung Desa Karanggintung Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap dilanda pergerakan tanah pada 19 Mei 2021. Ada 9 rumah rusak dan dihuni oleh 79 orang. Pasca kejadian, warga langsung mengungsi di tenda darurat yang didirikan oleh BPBD Kabupaten Cilacap. (*)

  • Bagikan