News  

Santri Sumbang Darah ke Jawa Barat

Santri bersama pengasuh, guru dan warga sekitar Pondok Darul Ullum melakukan aksi donor darah. Seluruh darah disumbangkan ke Jawa Barat melalui PMI Kota Banjar. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Santri Darul Ullum Kecamatan Majenang, Cilacap sumbang darah ke Jawa Barat. Aksi sosial ini bersamaan dengan kegiatan donor darah di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Ullum bertepatan dengan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, Senin (3/1/2022).

Sumbangan darah ke Jawa Barat tersebut melalui PMI Kota Banjar. Petugas tiba ke pondok yang ada di Desa Jenang Kecamatan Majenang itu membawa peralatan lengkap untuk donor darah.

Mayoritas para santri yang terlibat aksi sosial dan ikut sumbang darah ke Jawa Barat sudah memenuhi syarat. Seperti umur, kondisi hb dan tensi darah.

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ullum, Bambang Yuntono mengatakan, para santri memang dilibatkan untuk aksi donor darah bersama warga.

“Santri, pengasuh dan para guru juga ikut donor. Juga warga sekitar pondok,” kata Bambang.

Dia mengatakan, pihaknya mendatangkan PMI Kota Banjar, Jawa Barat bukan tanpa alasan. Pengasuh sudah sebelumnya menghubungi PMI Cilacap namun tidak bisa hadir karena bersamaan dengan kegiatan serupa di ibu kota kabupaten.

“Hingga yang bisa datang PMI Banjar,” katanya.

Menurutnya, donor darah di sana sudah rutin dilakukan pengasuh pondok. Biasanya memanfaatkan momen besar yang berkatian dengan dunia pendidikan informal.

Seperti saat Hari Santri Nasional pada Oktober 2021 lalu. Pihaknya mengajak para santri, guru, pengasuh dan warga umum untuk ikut menyumbangkan donor.

“Hari ini (Senin) sekitar 60 pendonor yang ikut. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih banyak lagi karena ini memang murni kegiatan kemanusiaan,” katanya. (*)