News  

Sapi Super Jadi Rebutan

Sapi ukuran besar selalu menjadi rebutan untuk dijadikan hewan kurban. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Sapi super atau berukuran besar, selalu menjadi rebutan warga untuk mereka pakai menjadi hewan kurban. Tentu saja, harga sapi ini lebih tinggi dan rata-rata di atas Rp 25 juta per ekor.

Untuk sapi kurban, harga murah antara Rp 18 sampai Rp 20 juta. Semakin besar ukuran sapi, maka harganya akan lebih tinggi lagi. Biasanya pedagang mematok Rp 30 juta ke atas.

Danny Winardi, salah satu peternak sapi di Cilacap mengatakan, sapi dengan harga di atas Rp 30 juta sudah tergolong bagus. Sapi ini jadi rebutan karena ukurannya super dan banyak mengandung daging.

“Pernah tembus sampai Rp 38 juta,” katanya.

Menurutnya, sapi seperti ini jarang sekali ada di pasar hewan lokal Cilacap. Biasanya akan menjadi dagangan utama peternak dan tetap berada di kandang. Sapi baru akan dikirim ke pembeli sehari menjelang Idul Adha.

“Ngirim sapi biasanya seminggu atau minimal sehari sebelum hari raya,” katanya.

Kepala Pasar Hewan Majenang, Marsono mengatakan, sapi yang masuk pasar setempat harganya jarang yang di atas Rp 25 juta. Ini sesuai dengan kondisi dan permintaan dari para pembeli.

“Jarang yang sampai Rp 30 juta. Rata-rata di bawah Rp 25 juta,” kata dia.

Sapi yang masuk ke pasar tersebut rata-rata dari peternak lokal di Kabupaten Cilacap. Seperti dari Kecamatan Sidareja, Cimanggu, Gandrungmangu dan lainnya. Namun ada juga sapi dari luar Cilacap, terutama dari Kabupaten Brebes yang berada di sisi utara Cilacap.

Mayoritas sapi ini dibeli oleh bandar dari luar Cilacap. Tujuannya adalah sejumlah kota besar di Jawa Barat dan Ibu Kota untuk memenuhi permintaan hewan kurban. (*)