News  

Tim SAR Gabungan Cari Warga Terjebak Longsor

Tim SAR gabungan tengah memotong pohon tumbang yang menutup akses menuju rumah warga terjebak longsor, Senin (5/2/2024) malam. Keberadaan Tim SAR Gabungan untuk cari warga Desa Cijati Kecamatan Cimanggu, Cilacap yang terjebak longsor. (doc)

CILACAP – Tim SAR gabungan dari berbagai unsur, langsung bergerak cari warga yang terjebak longsor, Senin (5/2/2024) malam. Mereka berangkat dari UPT BPBD Majenang menuju lokasi di Dusun Garawangi Desa Cijati Kecamatan Cimanggu, Cilacap.

Seorang warga terjebak di dalam rumah yang tertimbun tanah longsor, Senin (5/2/2024) sore. Sampai berita ini tayang, belum ada kejelasan nasib dan nama warga tersebut. Sementara lokasi warga terjebak longsor ada di Dusun Grawangi Desa Cijati Kecamatan Cimanggu, Cilacap.

Warga tersebut belakangan diketahui bernama Casih (62). Namun sampai Senin malam, belum ada kabar terkait kondisi korban.

Tim SAR gabungan usai tiba di lokasi langsung melakukan briefing singkat di kantor desa setempat. Langkah pertama adalah membuka akses menuju rumah korban yang tertimbun longsor.

Akses menuju lokasi masih tertutup pepohonan yang tumbang. Petugas menggunakan gergaji mesin untuk mempermudah proses evakuasi awal. Hanya saja mereka terkendala cuaca dan penerangan yang minim. Di samping itu, pepohonan yang tumbang berukuran sangat besar.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Budi Setyawan mengatakan, malam ini tim dari Basarnas bersama BPBD langsung menuju lokasi untuk cari warga terjebak longsor. Selain itu, sejumlah relawan juga ikut berangkat menuju lokasi.

“Basarnas dan BPBD langsung ke lokasi,” kata dia.

Selain Tim SAR gabungan, juga akan ada bantuan lain dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy. Balai akan menerjunkan alat berat untuk membuka akses. Sekaligus membongkar material longsor selama proses evakuasi dan kegiatan cari warga terjebak longsor.

Informasi lain menyebutkan, proses pencarian korban oleh Tim SAR gabungan baru akan dilakukan pada Selasa (6/2/2024) pagi. (*)