Tinjau Vaksinasi di Cilacap, Panglima TNI: Terus Gelorakan Penggunaan Masker

  • Bagikan
Warga mengikuti vaksinasi Massal di gedung Patra Graha Cilacap, dan sempat dikunjungi Panglima TNI pada Jumat (4/6/2021). (narisakti/bercahayanews.com)

CILACAP – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Polisi Arief Sulistyanto melakukan kunjungan ke Cilacap, pada Jumat (4/6/2021).

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka meninjau vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan di Cilacap. Pelaksanaan vaksinasi massal di Cilacap dilaksanakan dalan dua hari, Jumat (4/6/2021) dan Sabtu (5/6/2021).

Setiap harinya akan ada sekitar 1.100 warga yang mengikuti vaksinasi dari wilayah kota Cilacap, yang meliputi Kecamatan Cilacap Utara, Cilacap Selatan dan Cilacap Tengah.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan setelah melakukan peninjauan pelaksanaan vaksin di Cilacap, telah berjalan dengan tertib dan lancar. Selain itu juga pelaksanaannya sesuai dengan target.

“Saya lihat pelaksanananya bagus tertib dan lancar, sesuai dengan target untuk lansia dan pralansia ada 140 ribu, yang sudah divaksin sebanyak 40 ribu, namun kekurangannya  akan bertahap dilaksanakan, itu dari total penduduk Cilacap yang total 1,9 juta, jadi kira-kira kalau 70 persen 1,1 juta ini akan dilaksanakan terus vaksinasi,” katanya. 

Disampaikan Panglima TNI, jika vaksinasi ini juga sebagai upaya mitigasi varian baru asal India yang sempat masuk ke Cilacap melalui ABK Filipina. Meskipun saat ini sudah dilakukan penanganan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap.

“Dengan pelaksanaan yang ada di Cilacap ini untuk memitigasi, varian baru yang ditakutkan, ternyata bisa dilaksanakan dengan baik, dan tidak terjadi mutasi ke masyarakat, itu poin penting,” katanya.

Panglima juga meminta kepada Bupati Cilacap untuk terus melaksanakan tracing. Selain itu yang utama melaksanakan 3M, dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, sebagai kunci untuk menjaga diri.

“Untuk penggunaan masker di Cilacap saya lihat di jalan bagus, mudah-mudahan terus dipertahankan, dan juga kita terus menggelorakan penggunana masker, sehingga kasus positif Covid-19 di Cilacap terus bisa ditekan, dan saya yakin dengan koordinasi baik, Forkopimda insyaallah kita bisa menekan kasus Covid-19 di Cilacap sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di wilayah ini,” ujarnya. 

Sukirno (55) warga Cilacap Selatan yang mendapatkan vaksin mengatakan sangat mendukung pelalsanaan vaksin yang menjadi program pemerintah.

“Ini untuk kekebalan tubuh dan ini program pemerintah, jadi harus mentaati lah, harus sehat dan harus berani,” katanya.

Vaksin yang diterima merupakan dosis pertama. Selanjutnya untuk dosis kedua akan dilaksanakan di Puskesmas Cilacap Selatan. (*)

  • Bagikan