News  

Vaksinasi Anak Kejar Dosis 2

Cilacap tengah mengejar pencapaian vaksinasi anak dosis 2. Dosis pertama mencapai 95,4 persen dari sasaran. (haryadi nuryadin/bercahayanews.com)

CILACAP – Vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun masih harus kejar untuk dosis ke 2. Saat ini, dosis pertama sudah mencapai 95,4 persen dari sasaran yang mencapai 177.542 anak yang rata-rata duduk di bangku SD dan sebagian di TK.

Vaksinasi anak dosis pertama sudah selesai dan tinggal melanjutkan dosis ke 2. Mayoritas orang tua memberikan persetujuan agar anak mereka bisa mendapatkan vaksin untuk memperkuat sistim pertahanan tubuh menghadapi virus Covid19.

Namun sebagian anak ada yang gagal karena berbagai alasan. Mayoritas karena tengah sakit atau masih dalam proses pemulihan yang ditandai dengan mengkonsumsi obat untuk mendukung proses tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Griyana Dewi mengatakan, pihaknya kini tengah fokus untuk bisa mengejar vaksinasi anak dosis 2.

“Kita akan kejar vaksinasi anak dosis 2. Lewat akselerasi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, salah satu akselerasi sudah terwujud pada Rabu (19/1/2022) dengan melibatkan 2000 anak lebih di seluruh Kabupaten Cilacap. Hingga dia berharap agar pencapaian dosis 2 bisa sama tingginya seperti dosis 1 yang mencapai 95,4 persen.

“Sudah 95,4 persen. Ini tinggal sedikit lagi,” kata Pramesti.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Sadmoko mengatakan, vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun serentak di seluruh wilayah. Di tingkat kecamatan, Forkompincam berperan dengan aktif yang terdiri dari unsur TNI, Polri dan Kecamatan. Selain itu juga ada keterlibatan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan dan Puskesmas.

“Ini serentak di seluruh kecamatan,” kata Sadmoko.

Dia menambahkan, sampai saat ini Pembelajaran Tatap Muka masih terbatas dan baru 50 persen dari kapasitas tiap sekolah. Artinya anak masuk secara bergantian tiap hari.

“Sekarang masih PTM terbatas,” tegasnya. (*)