Bentuk Tim Sepak Bola untuk Pembinaan Pemuda Desa

Karang Taruna Desa Cibeunying Kecamatan Majenang, bentuk tim sepak bola desa. Tim ini untuk pembinaan pemuda setempat. (doc)

CILACAP – Olah raga terutama sepak bola, menjadi fokus pembinaan pemuda desa melalui pembentukan tim sepak bola yang ada di bawah kendali Karang Taruna. Dengan demikian, tim ini akan lebih fokus dalam pembinaan pemuda desa.

Seperti yang dilakukan Karang Taruna Cahya Mekar Desa Cibeunying Kecamatan Majenang, Cilacap. Organisasi ini membentuk tim sepak bola Tunas Muda yang akan mewakili desa di tiap turnamen.

Ketua Karang Taruna Cahya Mekar, Achmad Zani mengatakan, olah raga menjadi fokus agar pembinaan pemuda bisa lebih maksimal. Dengan demikian, anak muda desa bisa berkembang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

“Tim sepak bola ini untuk pembinaan pemuda desa. Sekaligus menjadi wahana mempersatukan pemuda dari tiap dusun,” katanya.

Dia menambahkan, pengurus sudah merancang olah raga lain yang bisa menjadi fokus pembinaan pemuda. Untuk sementara memang baru membentuk tim sepak bola. Tapi tidak menutup kemungkinan akan ada tim olah raga lain dengan tujuan sama.

“Yang kita harapkan, olah raga bisa ikut memajukan desa,” tambahnya.

Kepala Desa Cibeunying, Lili Warli menambahkan, pemerintah desa tetap punya tanggung jawab untuk membangun desa. Termasuk membangun kemampuan anak muda setempat melalui Karang Taruna.

Dia juga berharap agar tim yang sudah terbentuk ini bisa terus berkembang dan berprestasi. Karena tim ini beberapa waktu lalu sudah bisa unjuk gigi dengan menembus babak semi final di sebuah turnamen besar.

“Kedepan harus bisa juara 2 atau 1. Jadi terus berkembang,” katanya.

“Dan harapan kami, pembinaan pemuda lewat olah raga tidak hanya di sepak bola saja. Tapi juga cabang lain seperti volly, badminton, tenis meja atau yang lain,” kata dia.

Ketua Tunas Muda Cibeunying, Heri Ananta Saputra pengurus siap menjalankan amanah dan langsung tancap gas. Dia juga siap untuk bekerja keras agar mampu memperlihatkan prestasi di bidang olah raga.

“Kami siap bekerja dan pasti bisa, tegasnya yakin. (*)